1. Buat project baru
Buka Unity klik File >> New Project >> Tentukan lokasi penyimpanan. Setelah itu pilih File >> Build Settings >> pilih platform Android dan klik Switch Platform.
Gambar switch platform Android
2. Konfigurasi proyek
Sebelum menjalankan tahap selanjutnya lakukann konfigurasi proyek. Masi di Build Setting >> klik Player Setting
Gambar Klik player setting untuk masuk ke konfigurasi
Lihat bagian Inspector >> Lihat bagian Resolution & Presentation >> Rubah default orientation ke 'Landscape Left' >> Lihat bagian Other Setting >> Isikan Bundle Identifier dengan nama package (contoh : com.duniadigit.arexample) >> Rubah minimum API Level Android 2.2 (Froyo)
Gambar Rubah setting pada Resolution & Other Settings
3. Memasukkan Vuforia SDK ke dalam project
Setelah project baru dibuat langkah selanjutnya adalah memasukkan Vuforia SDK ke dalam project. Caranya cukup mudah, biarkan unity tetap terbuka. Double klik Vuforia SDK yang baru saja Sobat download.
Setelah di double klik maka akan muncul konfirmasi import di Unity. Centang semua elemen dan klik Import.
Setelah berhasil di import maka akan muncul isi dari package Vuforia SDK pada window project.
4. Konfigurasi AR dan membuat marker Image Target
Untuk memulai membuat AR drag & drop prefab ARCamera dan ImageTarget dari window project ke window scene
Klik object ImageTarget pada window scene dan pada inspector klik 'press here for target....'
Setelah diklik mka sobat akan diarahkan ke website Vuforia untuk membuat marker sesuai keinginan sobat. Sebelumnya tentukan dulu seperti apa markernya, kalo dalam tutorial ini saya pake marker seperti gambar di bawah
Kembali di websitenya Vuforia, disitu sobat akan ditunjukkan projek apa saja yang pernah sobat buat. Untuk membuat project baru klik 'Create database' dan masukkan nama sesuai selera. Pada tutorial ini nama yang dipilih adalah 'AR_Tutorial'
Selanjutnya klik Add Target. Jadi intinya, satu buah project, satu buah database bisa jadi memiliki lebih dari satu marker, sesuai dengan kebutuhan sobat.
Imagetarget yang dibuat akan ditampilkan kosong. Klik imagetarget kosong yang baru tersebut untuk mengupload marker sesuai keinginan sobat.
0 komentar:
Posting Komentar